BLINK
Tujuan
Membuat animasi mata berkedip ( eye blinking).
Alat
- Personal Computer
- Software Pencil 2D
- Wacom Intuos3
Dasar Teori
Dalam membuat Character Eye Blinking, kita juga harus menerapkan beberapa prinsip dasar animasi sebagai berikut :
1. Timing
Timing adalah penempatan waktu pada sebuah animasi. Seperti
penempatan expressi apabila suatu karakter dilempari batu maka pada
saat itu dia akan kesakitan tanpa jeda waktu artinnya tidak ada
in-between ( gerakan di antara gerakan ).
2. Spacing (Slow in/Slow out)
Slow In Slow Out adalah cepat lambatnya sebuah gerakan pada animasi. Seperti
Gravitasi apabila kita melempar bola ke udara maka akan terlihat cepat
dan apabila kekuatan untuk melaju keatasnya sudah habisa maka
gerakannya akan diperlambat dan kembali turun kebawah.
Langkah Percobaan
- Buatlah gambar kepala sederhana (lingkaran) pada Bitmap Layer, lalu rename menjadi kepala.
- Tambahkan
sebuah Bitmap Layer dan beri nama mata, lalu pada layer ini animasikan
mata menjadi membuka dan menutup dengan aturan berikut :
- open -> closing (2 frame) | close (1 frame) | close -> opening (3 frame)
- Klik Play dan Loop untuk memutar animasi. Dan jangan lupa menyimpannya.
Hasil Percobaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar