Bata Jatuh
Pada pertemuan sebelunya kita telah belajar animasi Bouncing Ball dimana teknik atau prinsip dasar yang digunakan yaitu Timing dan Spacing, Ease In and Ease Out, seta Arcs. Pada latihan kali ini kita masih akan menggunakan prinsip yang sama dengan praktikum sebelumnya, hanya saja yang berbeda adalah level objeknya yang akan ditingkatkan. Pada latihan ketiga ini, kita akan membuat sebuah batu bata yang terjatuh dari atas meja menuju ke tanah, seperti pada animasi dibawah ini :
Tujuan
- Mahasiswa mampu memberikan kesan luwes dan dinamis pada animasi.
- Mahasiswa Dapat membuat animasi balok bata yang terjatuh dari meja.
Alat
- Personal Computer
- Wacom Intuos3
- Software Pencil 2D
Dasar Teori
latihan kali ini masih tetap menggunakan prinsip yang sama dengan latihan sebelumnya Berikut adalah beberapa prinsip dasar untuk membuat animasi tersebut :
Timing adalah pengaturan waktu tentang sebuah gerakan yang akan dilakukan. dan spacing adalah pengaturan tentang berapa lama waktu yang dipakai pada sebuah gerakan. Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan oleh sebuah action. Timing yang tepat akan membuat sebuah action tampil meyakinkan
Pengaturan letak dan jumlah frame yang diberikan agar menciptakan kesan adanya gravitasi dan akselerasi pada bagian gerakan. Prinsip ini hampir sama dengan prinsip Timing and Spacing.Ease In and Ease Out (think3dyangmei.wordpress.com)
3. Arcs
Arcs artinya lengkungan. Arcs adalah pemberian unsur melengkung pada sebuah gerakan agar terlihat lebih natural dan realistik. Secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna, semuanya ada lengkungannya. Pada kasus Bouncing Ball Across the Screen, lintasannya akan membentuk lengkungan sebagai berikut :
Langkah Percobaan
- Buka aplikasi Pencil 2D.
- Ubah nama "Bitmap Layer" menjadi "meja".
- Lalu pada layer meja, gambarlah sebuah bangun kubus
- lalu klik tambah layer bitmap dan beri nama lintasan. gambarlah sebuah lintasan untuk membantu jalannya/ animasi bata terjatuh.
- klik tambah bitmap layer dan ubah menjadi "bata", dan mulailah menggambar bata yang akan dianimasikan pada layer ini.
- perhatikan posisi saat menggambar bata. usahakan mengikuti alur lintasan.
lanjutkan menggambar sesuai aturan diatas sampai bata benar benar jatuh menyentuh lantai/tanah.- jangan lupa menyimpan latihan kali ini.
- selanjutnya klik loop dan play
Hasil dari latihan diatas adalah sebagai berikut :
link youtube :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar